Friday, September 14, 2018

Cara Membuat Jaringan LAN

September 14, 2018

Share it Please
Jaringan LAN merupakan salah satu jenis jaringan komputer yang bersifat lokal yakni, digunakan untuk area terbatas seperti rumah ataupun sekolah. Jaringan LAN Merupakan jaringan yang paling mudah dibuat karena hanya membutuhkan beberapa alat dan setting komputer yang mudah. Berikut cara membuat jaringan LAN
:

Cara Membuat Jaringan LAN 

Alat yang dibutuhkan untuk membuat jaringan LAN yaitu :

1. Router 

Router adalah jantung pada sebuah jaringan. Router berfungsi untuk menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lain. Dalam kasus ini, router menghubungkan jaringan internet dengan jaringan LAN.

2. Switch 

Switch berbeda dengan Router, Switch berfungsi untuk menghubungkan masing-masing komputer pada sebuah jaringan LAN.

3. Ethernet Card 

Ethernet Card adalah sebuah adapter yang digunakan untuk mencolokkan kabel ethernet sehingga komputer dapat tersambung menuju jaringan. Biasanya pada komputer baru, kartu ini sudah disematkan secara onboard sehingga anda tidak perlu untuk membeli lagi.

4. Ethernet Cable 

Ethernet Cable yaitu kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke router atau bisa juga komputer satu dengan komputer lain. Pada ujung kabel ini terdapat sebuah konektor yang disebut RJ-45. RJ-45 memiliki 2 settingan yaitu straight dan cross. Straight digunakan untuk menghubungkan komputer ke router sedangkan cross digunakan untuk menyambungkan komputer langsung dengan komputer.

5. Modem

Jika anda ingin menghubungkan jaringan anda ke internet, maka anda juga harus membeli sebuah modem. Jika anda tidak membeli sebuah modem maka komputer anda hanya dapat berkomunikasi dengan komputer lain yang terdapat pada jaringan LAN tersebut.

Peralatan lain yang diperlukan pada saat membuat jaringan LAN yaitu :

  • Crimping Tool digunakan untuk menyambungkan RJ-45 dengan kabel ethernet.
  • LAN Tester digunakan untuk testing kabel LAN telah berfungsi atau tidak.
  • Gunting
  • Multimeter

Sebagai alternatif lain untuk mempermudah atau mempercepat pekerjaan anda, anda dapat meminta tolong kepada penjual kabel ethernet untuk sekaligus memasangkan RJ-45 sehingga anda tinggal memasang kabel-kabel tersebut pada router dan komputer. 

Sebelum anda membeli peralatan, sebaiknya anda sudah merencanakan terlebih dahulu berapa kira-kira jumlah komputer, berapa luas ruangan komputer, dan sebagainya sehingga anda dapat lebih menghemat biaya yang dibutuhkan. 

Mengaktifkan Internet Connecting Sharing

ICS bertujuan untuk membagikan koneksi internet komputer host menuju komputer lainnya. Untuk mengaktifkan ICS pada komputer server, anda dapat buka Control Panel, klik Network and Internet, klik Network and Sharing Center, klik Change Adapter Center, klik kanan pada koneksi yang ingin anda bagikan, klik properties, klik tab sharing, lalu centang kotak Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection, simpan. Setelah tahap ini selesai maka hanya komputer server yang dapat terhubung ke internet.

Setelah koneksi dibagikan maka masing-masing komputer harus mendapatkan IP addres. Caranya yaitu sebagai berikut :

  1.  Buka Control Panel, klik Network and Internet, klik Network and Sharing Center, klik Change Adapter Center.
  2. Klik kanan pada Koneksi LAN, Klik Properties
  3. Klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) atau Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6), kemudian pilih properties
  4. Klik Obtain an IP address automatically atau Obtain an IPv6 address automatically.

0 comments:

Post a Comment