Monday, March 18, 2019

Cara menanbah tinggi badan yang sehat dan alami

March 18, 2019

Share it Please
Banyak orang yang berharap mempunyai tinggi badan ideal. Namun, jangan teralu cepat tergoda menempuh cara menanbah tinggi badan melalui suplemen atau obat. Sebaiknya, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau bidan. 

Yang harus diperhatikan, upaya menanbah tinggi badan hanya efektif pada masa pertumbuhan saja. Selain itu, produk suplemen dan obat-obatan penambah tinggi badan, perlu diwaspadai efek sampinynta bagi tubuh. 

Cara menambah berat badan secara alami 


Percepatan pertumbuhan tinggi badan dimulai sejak memasuki usia remaja. Pada pria, biasanya masa pertumbuhan dimulai sejak usia 11 tahun dan masa puncak pertumbuhan 13 tahun. Sedangkan wanita, biasany masa pertumbuhan dimulai sejak usia 9 sampai 10 tahun dan puncaknya pada usia 11 sampai 12 tahun. Percepatan pertumbuhan akan berhenti pada akhir masa pubertas. Ada beberapa cara yang mungkin bisa membantu menambah tinggi badan selama masa pertumbuhan, diantaranya: 

1. Makan dengan gizi yang seimbang 

Selama masa pertumbuhan, sangatlah penting untuk memenuhi nutrisi yang dibutukan oleh tubuh. Mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian. Perhatikan pula kecukupan vitamin D yang dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan tulang dan juga menjaga kepadatanyaa. Makanan yang mengandung vitamin D adalah susu, ikan tuna dan kuning telur. 

2. Perbaiki postur tubuh 

Posisi membungkuk, salah satunya yaitu ketika duduk, cenderung membuat tulang belakang menjadi abnormal serta otot menjadi lemah. Kondisi ini bisa membuat tumbuh menjadi terlihat pendek. Oleh karena itu tenggakkan punggung dan tarik pundak kebelakang. Anda juga bisa melakukan latihan yang dirancang untuk memperbaiki postur tubuh anda. Konsultasikan dengan dokter atau instruksi senam untuk membantu mengembangkan latihan rutin yang tepat untuk anda. 

3. Tidur yang cukup 

Selain itu, pola tidur juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh anda. Pola tidur yang dianjurkan untuk remaja ataupun dewasa, berkisar antara7-9 jam per hari. Meski tidak ada kaitanya dengan cara meminggikan badan dengan pola makan dan pola tidur, tetapi keduanya sangat berpengaruh pada kesehatan secara umum, yang dapat memungkinkan proses tumbuh kembang berlangsung secara optimal. 


0 comments:

Post a Comment