Monday, March 4, 2019

5 Macam-macam perangkat lunak komputer

March 04, 2019

Share it Please
Komputer adalah suatu kebutuhan pokok bagi sebagian besar manusia modern. Komputer ini terdiri dari 2 perangkat yaitu perangkat lunak dan perangkat keras. Perangkat keras sering disebut dengan hardwere, yaitu perangkat komputer yang memiliki wujud yang nyata. Sedangkan perangkat lunak sering disebut dengan softwere, yaitu sebuah perangkat yang tidak dapat kita sentuh dengan tangan kita, namun dapat kita lihat . Perangkat lunak ini berbentuk digital yang dapat kita manfaatkan ketika menggunakan komputer. 

Perangkat lunak komputer adalah perangkat didalam komputer yang dirancang khusus untuk program komputer, data digital, dan berbagai informasi yang dapat diakses, ditulis, dan dibaca dalam bentuk digital. Dalam proses pemuatan sistem perangkat lunak komputer membutuhkan bahasa pemrograman. 

Bahasa pemrograman ini dirancang oleh seorang ahli informatika terutama bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman tersebut kemudian dikomplikasikan dengan aplikasi komputer, kemudian akan menghasilkan serangkaian kode yang akan dikenali oleh perangkat keras komputer. 

Macam-Mcam perangkat lunak komputer 


Ada banyak sekali macam dan jenis perangkat lunak komputer yang dapat kita pejari dengan mengenal berbagai kategori atau jenis perangkat lunak berdasarkan penjelasanya. Berikut beberapa macam perangkat lunak beserta penjelan dan fungsinya yang hampir semua ada di semua komputer. 

1. Perangkat lunak sistem 

Sistem operasi atau operating systen yaitu salah satu perangkat lunak yang dapat dikatakan “jantung” dari komputer. Tanpa adanya sistem operasi, perangkat lunak tidak dapat dijalankan. Begitu juga dengan perangkat keras yang tidak dapat dioperasikan. Jadi memiliki suatu sistem operasi didalam komputer sangatlah penting untuk mendukung beroperasinya komputer. 

2. Perangkat lunak aplikasi 

Jika perangkat lunak sistem adalah sebuah jantung dari komputer, maka perangkat lunak aplikasi adalah sebuah organ didalam komputer. Adanya perangkat lunak aplikasi atau application softwere membuat komputer dapat menjalankan berbagai fungsinya seperti memutar file media, mengolah angka dan fungsi-fungsi lainya. 

3. Pengendali perangkat keras 

Pengendali perangkat keras atau perangkat lunak devicedrive adalah perangkat lunak didalam komputer yang akan menghubungkan antara perangkat keras komputer dengan komputer.devicedrive biasanya diperlukan untuk mengoperasikan tambahan perangkat keras pada komputer seperti printer, speaker, scanner, LCD projektor, wifirouter, dan lain sebagainya. 

4. Perangkat lunak menetap 

Perangkat lunak menetap yaitu perangkat lunak yang sudah tertanam secara otomatis di dalam komputer. Perangkat lunak menetap atau yang disebut dengan firmwere yang ditanam didalam komputer berfungsi untuk menjalankan fungsi-fungsi mendasar seperti kalender dan jam. 

5. Perangkat lunak kongsi 

Perangkat lunak kongsi adalah perangkat lunak yang berada di dalam seperangkat komputer yang dapat diakses oleh para pengguna komputer secara gratis. Karena digunakan secara gratis, perangkat ini memiliki keterbatasan seperti fitur yang terbatas, keamanan yang tidak terjamin, jangka waktu yang sudah ditentukan, dan keterbatasan lainya. 

Perangkat lunak kongsi dapat dinikmati seluruh fitur lengkapnya jika pengguna komputer memutuskan untuk membeli lisensi dari program tersebut sesuai dengan harga yang ditawarkan. Tujuan adanya perangkat lunak berjenis kongsi ini yaitu untuk memberikan kesempatan kepada paara pengguna komputer untuk menggunakan program aplikasi tertentu. 



0 comments:

Post a Comment