Sunday, September 16, 2018

Mengambil Manfaat Baik Buah Tomat Untuk Kesehatan

September 16, 2018

Share it Please
Tomat merupakan buah yang paling mudah ditemukan karena buah ini tidak mengenal musim. Tomat selain sebagai bahan masakan juga masih mempunyai berbagai manfaat lainnya. Tomat bermanfaat untuk menunjang dan menjadikan gaya hidup sehat secara alami. Mengkonsumsi tomat akan mendapatkan manfaat baik diantaranya yaitu menjaga kestabilan, kesegaran dan kebugaran tubuh.

manfaat buah tomat

Tomat mengandung antioksidan alami yang bernama likopen. Zat ini dapat membantu tubuh anda melawan radikal bebas penyebab kanker. Zat lain yang terdapat pada buah tomat yaitu polifenol, naringenin, dan chlorogenic acid. Tomat memiliki kandungan rendah kalori dan lemak namun, kaya akan vitamin A, vitamin C, folat, karotenoid, lutein, gula dan kalium. Manfaat Tomat yang dapat anda dapatkan yaitu antara lain :

1. Mengatasi Peradangan 

Tomat bermanfaat sebagai anti peradangan karena tomat mengandung tomatine dan dapat juga bermanfaat untuk mengangkat lemak dan kotoran pada wajah karena mengandung asam sitrat dan juga dapat bermanfaat untuk antioksidan karena mengandung vitamin C dan beta-karoten.

2. Mencegah Kerusakan Kulit 

Likopen dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari papara sinar ultraviolet dan mampu menjaga kulit tampak awet muda. Selain itu kandungan vitamin C pada tomat juga berfungsi sebagai perangsang kolagen dan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan kulit oleh sinar matahari, polusi dan asap. Tomat juga membantu mencegah kerutan halus dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

3. Menjaga Kesehatan Mata 

Kandungan beta karoten yang terdapat pada tomat dapat membantu menjaga kesehatan mata dan menjadikannya lebih sehat. Makanan yang mengandung vitamin A dapat meningkatkan produktifitas retina terutama dalam pencahayaan yang kurang dan dalam menginterpretasikan warna serta meningkatkan perkembangan mata.

 4. Mengatasi Penggumpalan Darah 

Manfaat tomat berikutnya yaitu dapat mengatasi kelelahan, mencegah penggumpalan darah, dan meningkatkan kuantitas sperma pada laki-laki. Tomat juga dapat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kesehatan tubuh. Penggumpalan darah juga erat kaitannya dengan tekanan darah tinggi, jika tomat bisa mengatasi penggumpalan darah ini berarti tomat merupakan salah satu buah yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

 5. Mengatasi Bisul 

Ketika anda terkena bisul, anda dapat menyembuhkannya dengan mencoba manfaat dari tomat yaitu dengan cara memanaskan biji tomat dan dagingnya kemudian letakkan di atas bisul.

0 comments:

Post a Comment