Monday, March 18, 2019

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Kaki

March 18, 2019

Share it Please
Menjaga kesehatan kaki sangatlah penting, karena hal tersebut perlu dilakukan agar kesehatan kaki anda tetap terjaga. Sadar atau tidak, menjaga kesehatan kaki sangat penting untuk menunjang beragam aktivitas sehari-hari, seperti untuk berjalan dan berdiri. Dengan menjaga kesehatan kaki, aktivitas anda akan berjalan optimal. 

Berbagai masalah kerap timbul pada bagian kaki, mulai dari kaki kering, lecet gantengan yang diakibatkan oleh kuku tumbuh ke dalam dan infeksi yang disebabkan oleh jamur kuku. Berbagai masalah tersebut bukan hanya dapat menganggu pada kaki anda saja, tetapi juga dapat menganggu kesehatan tubuh secara menyeluruh termasuk aktivitas. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya gangguan pada kaki : 


1. Jaga kebersihan kaki 

Membersihkan kaki secara rutin dengan cara mencuci kaki menggunakan sabun dengan air hangat merupakan langkah sederhana yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan kaki. Dalam pembersihannya, hindari menggosok kaki terlalu keras, karena hal tersebut dapat mengurangi minyak alami yang terdapat pada kulit. Setelah itu, keringkan kaki hingga benar-benar kering. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mencegah bertumbuhnya jamur. 

2. Oleskan pelembap 

Setelah membersihkan kaki dengan cara mencuci, jangan lupa untuk mengoleskan pelembap atau lotion pada kaki. Gunakan pelembap yang sesuai dengan kaki anda, jika tidak sesuai maka kaki anda akan mengalami yang namanya kulit kering. Anda juga bisa menggunakan pelembap yang berbahan dasar petroleum jelly. 

3. Lakukan pijatan 

Melakukan pijatan pada kaki ternyata bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi ketegangan pada otot kaki. Anda bisa melakukan pemijatan sendiri di rumah dengan menggunakan lotion atau minyak esensial dengan aroma yang anda sukai. 

4. Gunakan sepatu yang nyaman 

Menggunakan sepatu yang nyaman dengan ukuran sepatu yang pas ketikan digunakan, ternyata dapat melancarkan peredaran darah pada kaki. Disarankan untuk membeli sepatu pada saat sore hari, karena pada waktu tersebut kaki cenderung akan lebih besar. Sehingga ketika anda membeli sepatu tidak kekecilan dan akan nyaman jika dipakai sepanjang hari. Pilihlah sepatu dengan ukuran sol yang tebal dengan bagian atas sepatu terbuat dari bahan yang lembut. Agar anda tidak mengalami yang namanya bau kaki, sudah seharunya rutin mengganti kaos kaki yang dipakai, terutama mengenakan sepatu yang tertutup 

5. Rutin memotong kuku kaki 

Rutin memotong kuku kaki merupakan hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan kaki. Lakukan pemotongan kuku pada saat kuku anda sudah mulai panjang, atau saat anda merasa tidak nyaman. Perlu dihindari pemotongan kuku kaki yang terlalu pendek atau terlalu dekat dengan lengkung kuku. Karena hal tersebut dapat berisiko kaki terkena gantengan.

0 comments:

Post a Comment